Kamis, 05 November 2015

Sejak Ahok Menjabat Gubernur DKI, Kali jadi Tertata Rapi ujar Petugas Pintu Air Istiqlal


Daftarsabungayam - Kota Jakarta serta sekitarnya sekarang ini tengah menyongsong kehadiran musim penghujan. Sebagian pintu air yang ada di Jakarta juga sudah siap siaga terima debet air yang jadi tambah waktu hujan.

Salah satu pintu air yang sekarang ini sudah berbenah yaitu pintu air Masjid Istiqlal yang ada di lokasi Jakarta Pusat. Pintu air itu ada di ujung kali Ciliwung yang melewati masjid Istiqlal, tepatnya kurang lebih seputar 50 mtr. dari jembatan Masjid Istiqlal. Pintu air itu mengatur debet air yang terusannya hingga di Marina Pantai Ancol, Jakarta Utara.

Kamis (5/11/2015), terlihat kali yang ada di depan masjid Istiqlal jadi lebih bersih. Tidak tampak ada sampah yang menumpuk. Hawa di seputar lokasi itu juga merasa lebih fresh. Di selama pinggiran kali terlihat orang-orang duduk enjoy nikmati semilir angin mendekati malam.

 " Saya membetulkan memanglah sejak Ahok menjabat, kebersihan jadi lebih teratur rapi, " tutur Soleh, petugas Pintu Air Istiqlal

Sejak menjabat juga sebagai gubernur, Ahok sudah merubah susunan organisasi sebagian dinas di DKI. Dinas Pekerjaan Umum yang dulunya mengatur perihal kebersihan kali sekarang ini di ambil alih oleh Dinas Kebersihan.

 " Bila dibanding, dari sisi kebersihan tambah baik, jadi lebih bersih. Namun namanya sampah, terbang-terbangan terkena angin pasti masuk ke kali. Namun baguslah programnya Ahok, " tutur Soleh.

Soleh menyampaikan sekarang ini pihaknya mengakui sudah siap hadapi musim penghujan yang bakal selekasnya datang. Sebagian langkah untuk mengatur debit air yang bakal masuk ke pintu air itu sudah dikerjakan mulai sejak sebagian waktu lalu.

 " Seluruhnya kali telah dikerjakan pengerukan, normalisasi kali dalam menyongsong musim hujan. Telah nyaris seluruhnya kali. Telah siap banget hadapi musim hujan, namun namanya musibah kita tidak dapat tebak, namun untuk menghindar telah sangatlah siap, " kata Soleh yang telah 20 th. jadi petugas pintu air Istiqlal ini.

Sungai yang mengalir di seputar Masjid Istiqlal sampai Pasar Baru memanglah jadi proyek percontohan restorasi Sungai Ciliwung hasil kerja sama Korsel-RI. Sungai ini bakal disulap seperti sungai-sungai di Seoul, umpamanya saja Cheonggyecheon Stream sebagai magnet untuk warga lokal serta turis asing.